Tuesday 13 June 2017

Membuat pentol tanpa daging

MEMBUAT PENTOL TANPA DAGING (PENTOL KOJEK)

     kemarin habis bikin cemilan yang murah meriah. ya kalian pasti tau semua makanan ini sangat di sukai masyarakat mulai anak* sampai orang dewasa.
     Ceritanya begini kemarin seami pengen di buatin pentol yang di jual di jalanan, tapi karena gak dah daging aku bikin ja pentol tanpa daging dan tara ni dia resepnya, mudah banget buatnya gak perlu keahlian khusus.

Ini bahan-bahannya :
-3 ons tepung terigu.
-2 ons tepung kanji.
-Air es secukupnya.
-Bawang merah goreng (menurut saya semakin banyak semakin gurih dan enak..)

Bumbunya :

-Bawang putih 4 atau 5 siung.
-Kemiri 1/2 butir saja.
-Merica beberapa butir saja.
-Garam.
-Penyedap secukupnya.

Caranya :
semua bahan bawang putih, kemiri, merica dan garam diulek jadi 1 kemudian campur tepung, bumbu, penyedap plus bawang goreng bersama air es. Sampai kekentalan tertentu bisa dicoel dan dibentuk-bentuk menggunakan tangan...
Sesudah itu langsung direbus di panci hingga naik ke permukaan. Kemudian tiriskan. Atau bisa langsung dikukus di dalam dandang, bisa juga memakai penggabungannya direbus kemudian kalau sudah naik dipindah ke dandang dipanasin lagi biar makin mantep. Kesemuanya cara tersebut tetep bikin hasilnya maknyush.. insyaAllah ^^.

Sesudah matang lekas membuat sambalnya. Kalau saya sih gampang-gampangan saja. cabe dan kacang di goreng kemudian diulek halus, ditambahin kecap dan saus sambal. Dan siap jadi cemilan anak-anak dan juga orang dewasa.

No comments:

Post a Comment